Sesungguhnya, orang-orang mukmin itu bersaudara. Maka damaikanlah di antara kedua saudaramu, dan bertakwalah kepada Allah supaya kamu dikasihani. (Al-Hujurat: 10)

  • "Dan kepunyaan Allah swt. nama-nama sifat yang baik. Maka, serulah Dia dengan itu. (Q.S: 7:180)

  • Inilah Kitab yang Kami telah menurunkannya dengan penuh berkat, maka ikutilah dia...

  • Sesungguhnya kamu dapati dalam diri Rasulullah saw suri teladan yang sebaik-baiknya. (Q.S. 33:21)

    9 Apr 2009

    Inilah masjid al mahdi yang terletak di bradford, inggris, yang didirikan oleh komunitas muslim Ahmadiyah di Bradford. (foto selengkapnya lihat disini) Mesjid yang didanai oleh anggota Ahmadiyah ini menelan biaya 2,5 juta euro. Setidaknya disini dapat kita catat, dalam perkembangannya Ahmadiyah telah mendirikan mesjid Baitunnur di Calgary, propinsi Alberta, Canada pada 2 Juli 2008 – kemudian pada 30 september Ahmadiyah mendirikan masjid Darul Barakaat di birmingham, pada 10 Oktober 2008, masjid Mubarak di kota Saint-Prix, Prancis dan 16 Oktober 2008 Ahmadiyah mendirikan mesjid Khadija yang merupakan msjid pertama di bekas ibukota Negara Jerman Timur, Berlin.

    Lebih dari 2.000 orang yang hadir dalam acara peresmian masjid tersebut pada tanggal 7 november lalu. Peresmian itu dibuka langsung oleh khalifah Ahmadiyah seluruh dunia, Mirza Masroor Ahmad. Peresmian yang sekaligus khutbah ini telah disiarkan di 200 negara melalui MTA (Muslim Televisi Ahmadiyah)

    Mesjid yang memiliki kubah 8 meter ini bisa menampung sekitar 2000 jamaah. Mesjid yang tepatnya berada di jalan Rees, Undercliffe, Bradford, Inggris membutuhkan 2 tahun dalam pembangunannya. Dr Bary Malik, juru bicara Ahmadiyah Bradford, mengatakan: 

    "Pintu masjid ini selalu terbuka untuk setiap orang. Kami ingin melakukan sebanyak yang kami bisa bagi masyaratkat dan untuk bradford."
    "Peresmian mesjid ini berjalan lancar, orang-orang datang dari seluruh negara dan dari jauh seperti dari Pakistan, Kanada dan Jerman sengaja untuk hadir dalam acara ini."
    Ini adalah hari perayaan dan sukacita untuk semua orang dan sekarang kami memiliki masjid yang indah, yang dapat dilihat dari setiap penjuru Bradford. Orang-orang menyambut baik pemimpin kami yang datang untuk meresmikan masjid kami" 

     Abdulla Hayat, ketua Muslim Ahmadiyah Inggris, mengatakan:

    "Nabi Muhammad saw telah menagajarkan kepada kami bahwa barangsiapa yang membantu membangun masjid di dunia ini, maka Allah akan membangun rumah untuk mereka di surga.
    Masjid-masjid ahmadiyah,dimana saja berada adalah untuk menjangkau masyarakat disekitarnya – begitu juga dengan mesjid baru di Bradford ini akan bekerja ke arah dialog antar keyakinan, saling pengertian dan menjalin keharmonisan."
    Perdamaian, konferensi-konferensi perdamaian akan diselenggarakan di sini, sekolah-sekolah akan diundang, dan masjid ini akan terbuka untuk semua."

    Peresmian Baitul Aafiyat di Sheffield 

    Sementara itu selang satu hari yaitu pada tanggal 8 November 2008, Mirza Masroor Ahmad meresmikan masjid Baitul Aafiyat di Sheffield. Disebutkan bahwa makna dari masjid tersebut adalah "Rumah perdamaian dan Keamanan" yang merupakan representasi ajaran sejati Muslim Ahmadiyah. 

    Peresmian ini dihadiri oleh berbagai perwakilan masyarakat setempat. 

    Dalam sambutannya Mirza Masroor Ahmad menyampaikan tentang ajaran Islam sejati yang didasarkan pada pemenuhan hak-hak Tuhan Yang Maha Kuasa dan pelayanan Keamanusiaan. 

    Sementara itu sambuatan disampaikan oleh anggota dewan Jane Bird,Walikota Sheffield mengucapkan selamat dalam usaha Ahmadiyah di bidang sosial. Dan mengatakan bahwa dia bangga tinggal di Sheffield yang menurutnya kota dimana semua orang bisa tinggal berdampingan, saling menghormati dalam perbedaan kultur dan kepercayaan. 

    Kemudian yang turut berbicara adalah Richard Caborn, anggota Parlemen Sheffield Central. Dia mengatakan bahwa baru-baru ini beliau (Mirza Masroor Ahmad) telah memberikan masukan kepada rekan-rekan parlemen di westminster dan pembicaraannya itu meninggalkan kesan yang mendalam kepada semua yang hadir. 

    Selanjutnya ia mengatakan: 

    "Merupakan suatu kegembiraan bagi saya, dapat berhubungan dengan sebuah agama yang bermotokan: Love for all hatred for none".


    1 komentar: