Sesungguhnya, orang-orang mukmin itu bersaudara. Maka damaikanlah di antara kedua saudaramu, dan bertakwalah kepada Allah supaya kamu dikasihani. (Al-Hujurat: 10)

  • "Dan kepunyaan Allah swt. nama-nama sifat yang baik. Maka, serulah Dia dengan itu. (Q.S: 7:180)

  • Inilah Kitab yang Kami telah menurunkannya dengan penuh berkat, maka ikutilah dia...

  • Sesungguhnya kamu dapati dalam diri Rasulullah saw suri teladan yang sebaik-baiknya. (Q.S. 33:21)

    13 Feb 2015

    Apa sikap kita sebagai Muslim ketika banyak yang menghina dan melecehkan Nabi Muhammad saw, seperti kartun Nabi Muhammad saw dll?

    Marah dan tersinggung? Sebagai seorang muslim yang cinta kepada Nabi Muhammad saw, sosok yang paling dihormati di dalam Islam, saya pun akan marah dan tersinggung, yang mungkin kebanyakan Muslim lainnya merasakan hal yang sama.

    Wajar sih menurut saya, marah adalah hal naluriah, sebagaimana kita ke orangtua yang marah ketika orang tua kita dihina, atau orang-orang yang kita cintai.

    Tetapi kalau ditanya, setujukah kita dengan tindakan muslim yang menjadi pelaku penembakan terhadap kantor Charlie Hebdo di Perancis baru-baru lalu, sebagai tindakan balasan dari Kartun yang menghina dan melecehkan Rasulullah saw?

    Tidak setuju. Itu jawaban saya. Marah adalah hal yang naluriah, sebagaimana orang bebas untuk menghina kita juga bebas dong untuk tersinggung dan beraksi. Tetapi reaksi yang salah tentu tidak bisa dibenarkan.

    Terlebih manajemen marah itu sudah di jelaskan oleh Allah taala di dalam Al-Qur’an dan  dicontohkan sendiri oleh Rasulullah saw, manakala beliau menghadapi penghinaan oleh para musuh Islam.

    Al-Qur'an dan Hadits Nabi Sebagai Standar

    Jadi dalam hal ini standar acuan sikap kita adalah Al-Qur’an dan contoh dari Rasulullah saw,
    Apakah penghinaan dan pelecehan kepada Nabi Muhammad harus dibalas dengan penghinaan serupa, ataukah penghinaan itu dibalas dengan kekerasan dan pembunuhan?

    Saya rasa tidak, Al-Qur’an dalam Surah 6: 108 berbunyi:“Dan janganlah kamu memaki (menghujat) sembahan-sembahan yang mereka sembah selain Allah.”

    Penyembahan berhala adalah bentuk penghinaan paling besar terhadap Allah, dosa yang paling besar. tetapi Allah taala sendiri yang memerintahkan bahwa meskipun kemusyrikan harus dijauhi tetapi umat Islam diperintahkan supaya jangan mencaci maki atau menghujat sembahan-sembahan yang hina tersebut. Nah jika terhadap penghinaan terhadap Allah diperintahkan untuk menanggapinya dengan tidak membalas dengan cacian, maka tentu kepada Rasulullah saw pun sama.

    Rasulullah saw sendiri telah mencontohkan ketika dalam suatu gerakan pasukan ‘Abdullah bin Ubayy – pemimpin kaum munafik Medinah, yang harapan besarnya menjadi pemimpin kaum Medinah telah hancur berantakan dengan kedatangan Rasulullah saw. pada peristiwa itu – diriwayatkan pernah mengatakan bahwa sekembali ke Medinah ia “yang paling mulia dari antara penduduknya” – maksudnya ia sendiri – “akan mengusir dia yang paling hina dari antara mereka,” maksudnya, Rasulullah saw.

    Sahabat-sahabat Rasulullah saw yang mukhlis marah, tak terkecuali putera Abdullah sendiri yang adalah seorang muslim yang mukhlis. Dengan pedang terhunus, dia memohon kepada Nabi saw untuk memberinya izin membunuh bapaknya sendiri! Banyak orang muslim lainnya juga datang kepada beliau saw tetapi beliau selalu menolak dan secara tegas menyatakan bahwa tak ada tindakan balasan  terhadap Abdullah atas penghinaannya.

    Jadi rasanya aneh saja jika kita melihat contoh dari Rasulullah saw diatas. Kalau Nabi Muhammad saw saja bersikap demikian, kenapa kita bersikap sebaliknya?

    Penghinaan Jangan Dibalas Penghinaan atau Kekerasan

    Jadi contoh Nabi Muhammad saw itulah yang harus kita tiru dan teladani, bukan kekerasan dan emosi. Karena tindakan diatas sejalan dengan Al-Qur’an, bahwa Allah memerintahkan supaya "tidak menghiraukan ganguan mereka" (Al-Ahzab-48) dan "bersabarlah atas apa yang mereka katakan" (Al-Muzammil:10).

    Lagi, Al-Qur’an menjelaskan:
    "Dan, sesungguhnya Dia telah menurunkan kepadamu di dalam Kitab ini bahwa apabila kamu mendengar Ayat-ayat Allah swt. diingkarnya dan dicemoohkannya, maka janganlah kamu duduk bersama mereka sebelum mereka beralih ke dalam percakapan lainnya. Jika demikian, sesungguhnya kamu niscaya semisal mereka. Sesungguhnya Allah swt. akan menghimpun orang-orang munafik dan orang-orang kafir semua di dalam Jahannam. (Annisa: 141)

    Jadi yang kita lakukan adalah cuekin saja, dan bersabar. Biarin mereka berkoar-koar. Api ga usah dibalas dengan api. Api dibalas dengan air, nanti juga padam.

    Jadi penghinaan tidak usah dibalas penghinaan, apalagi kekerasan. Jika demikian, sama saja kita melibatkan diri pada lingkaran kejahatan yang dilakukan oleh mereka.

    Sebaliknya Allah mengajarkan bahwa kita balas dengan lemah lembut, kebaikan dan kasih sayang. Lebih elegan.

    “Panggilah kepada jalan Tuhan engkau dengan bijaksana dan nasihat yang baik, dan bertukar-pikiranlah dengan mereka, dengan cara yang sebaik-baiknya. Sesungguhnya Tuhan engkau Dia lebih mengetahui siapa yang telah sesat dari jalan-Nya ; dan Dia Maha Mengetahui siapa yang mendapat petunjuk (An-Nahl: 126)


    48 komentar:

    1. sebelumnya makasih artikelnya .kalau sikap saya sebagai seorang muslim tetap marah, tetapi saya luapkan dengan mendoakan semoga yang menghina ,melecehkan dll di bukakan pintu hidayah ole ALLAH SWT .amin

      BalasHapus
    2. Asma Maharaja Sangat Ampuh untuk Menyembuhkan segala macam penyakit Baik Medis maupun Nonmedis. Asma Maharaja adalah Salah satu ilmu Andalan Ustad Haryono yang sudah terkenal dalam dunia pengobatan. Sangat cocok bagi Anda yang ingin berprofesi sebagai juru sembuh maupun yang sudah berprofesi sebagai juru sembuh.

      Selain itu dengan Mengikuti Program guru Asma Maharaja Anda dapat Menyelesaikan Masalah/Melunasi Hutang, Kerejekian, Pelarisan dan Tarik Kekayaan (Syarat : Sekecil Apapun harus punya Usaha atau Pekerjaan, Apabila tidak Punya Pekerjaan Insya Allah dalam waktu dekat akan mendapat Pekerjaan). Garansi 12 Bulan Tidak ada Manfaat, Uang kembali

      kunjungi :
      www.mbahpartok.com

      BalasHapus
    3. NIce artikel, kita sebagai umat Islam dan muslim yang taat, hendaknya membela segala keyakinan dan keimanan kita, baik kepada Allah maupun rasull2x..terimakasih sudah dishare..Wassalam...

      BalasHapus
    4. kalau Nabi Muhammad dihinakita sebagai umatnya pasti tersinggung

      BalasHapus
    5. Wow keren banget artikelnya dan semoga apa yang telah diberikan dapat bermanfaat

      BalasHapus
    6. kejahatan tidak boleh dibalas dengan kejahatan

      BalasHapus
    7. makasih infonya, maulid nabi Muhammad S.A.W 1437

      BalasHapus
    8. makasih informasinya, kalo Nabi Agung Muhammad S.A.W di hina tentunya sebagai umatnya marah lah

      BalasHapus
    9. Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
      Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kumpulbagi.com untuk info selengkapnya.

      Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

      BalasHapus
    10. saya akan membela sebisa saya

      www.fashionmuslim.id

      BalasHapus
    11. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      BalasHapus
    12. Maaf,,Koreksi, itu yg paling bawah bukan ayat 126, tapi ayat 125

      BalasHapus
    13. Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
      Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kbagi.com untuk info selengkapnya.

      Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

      BalasHapus
    14. http://www.bromotripandtravel.com/home

      BalasHapus
    15. info yang sangat berguna dan berfaedah..trima kaseh

      BalasHapus
    16. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      BalasHapus
    17. artikel nya sangat bermanfaat gan. thanks

      BalasHapus
    18. Saya sebagai umat yang beragama islam tentunya akan sangat marah ketik Nabi besar Muhammad SAW di hina-hina atau di ledek-ledek, tapi dengan kemarahan saya, saya akan slalu berdoa kepada Allah SWT agar Allah SWT membukakan pintu hidayah bagi orang yang telah menghina dan meledek Nabi besar kita, yaitu Nabi Muhammad SAW.

      BalasHapus
    19. waduh... banyak ads nya... ;)

      mbak, kalo artikel dijadiin visual bagus tuh. kalo ada waktu boleh kita berdiskusi, mungkin kita bisa melakukan perubahan.
      ini email saya
      prj.tujuh@gmail.com

      BalasHapus
    20. Sebagai umat muslim pasti kita akan marah

      BalasHapus